All about Freeradius - Nandia_S | BLC TELKOM

私は良い人になりたい

Recent Posts

Post Top Ad

Rabu, 22 Februari 2017

All about Freeradius

Assalamualaikum wr.wb

Hai..,Readers di sini saya akan memosting tentang Freeradius.mari kita simak  bersama-sama. :)







A.Tujuan

  • Dapat mengetahui apa itu Freeradius ?
  • Dapat mengetahui kegunaan Freeradius.

B.Latar belakang

Setelah mengkonfigurasi Freeradius,agar kita lebih mendalami tentang Freeradius lebih baiknya kita lebih mengenenal semua tentang Freeradius.


C.Pengertian

 Freeradius adalah modular , kinerja tinggi gratis RADIUS suite yang dikembangkan dan didistribusikan di bawah GNU (General Public License), versi 2 , dan gratis untuk di-download dan digunakan. The freeradius Suite termasuk server RADIUS, sebuah lisensi BSD- perpustakaan RADIUS klien, PAM perpustakaan, Apache modul , dan banyak RADIUS tambahan utilitas terkait dan perpustakaan pembangunan.

 Freeradius adalah yang paling populer open source server RADIUS dan server RADIUS yang paling banyak digunakan di dunia. Mendukung semua umum protokol otentikasi , dan server dilengkapi dengan PHP alat administrasi pengguna web berbasis disebut dialupadmin . Ini adalah dasar untuk banyak produk RADIUS komersial dan layanan, seperti embedded system, peralatan RADIUS yang mendukung Network Access Control , dan WiMAX . Ini memasok AAA kebutuhan banyak Fortune-500 perusahaan, perusahaan telekomunikasi , dan Tier 1 ISP . Hal ini juga banyak digunakan dalam komunitas akademik, termasuk eduroam . server cepat, kaya fitur, modular, dan scalable.



D.Sejarah

Freeradius dimulai pada bulan Agustus 1999 oleh Alan dekok dan Miquel van Smoorenburg . Miquel sebelumnya menulis server Cistron RADIUS, yang telah mendapatkan penggunaan luas sekali server Livingston tidak lagi dipertahankan. Freeradius dimulai untuk membuat server RADIUS baru, menggunakan desain modular yang akan mendorong keterlibatan masyarakat lebih aktif.
Pada November 2014, Proyek freeradius memiliki empat anggota Tim Inti: Alan dekok (Pemimpin Proyek), Arran Cudbard-Bell , Phil Mayers dan Matthew Newton. 
Rilis utama terbaru adalah freeradius 3. freeradius 3 termasuk dukungan untuk RADIUS lebih TLS , termasuk RadSec , modul rlm_ldap sepenuhnya ditulis ulang, dan ratusan minor konsistensi dan kegunaan perangkat tambahan lainnya. Versi dewasa terbaru dipertahankan untuk stabilitas daripada fitur.
Sebelumnya rilis utama v2.2.x telah memasuki tahap akhir dari siklus hidup, dan sekarang akan menerima perbaikan keamanan hanya 
Sebuah survei tahun 2006 menunjukkan bahwa basis pengguna total 100 juta orang.
 

E.Alat Adminitrasi

  • daloRADIUS : aplikasi manajemen berbasis web yang ditujukan untuk mengelola hotspot dan penyebaran ISP. Dengan antarmuka yang mudah manajemen pengguna, pelaporan cukup grafis, akuntansi, juga penagihan mesin dan terintegrasi dengan GoogleMaps untuk geo-lokasi.
  • phpRADmin : alat yang ditulis dalam PHP dimaksudkan untuk menangani administrasi dan provisi dari freeradius melalui Web dengan MySQL sebagai backend.
  • Dialup Admin : antarmuka web kuat yang ditulis dalam PHP dilengkapi dengan freeradius untuk mengelola pengguna radius. Dialup Admin mendukung pengguna baik dalam SQL (MySQL atau PostgreSQL didukung) atau LDAP. Tidak lagi di bawah pengembangan aktif.
  • ezRadius : berbasis web aplikasi manajemen. Tujuan utama adalah untuk menyediakan server radius atau hotspot administrator berbasis web aplikasi manajemen sederhana. Freeradius harus dikonfigurasi untuk menggunakan MySQL sebagai backend.
  • RADIUSdesk : RADIUSdesk telah dikembangkan sejak 2012 sebagai alat untuk mengelola Internet nirkabel dan telah berada di bawah pengembangan aktif sejak itu.

F.Fitur-fitur Freeradius

Memiliki performance yang tinggi, mendukung HA, Fail-Over.
  • Kaya fitur, dukung banyak Operating System, EAP, Database, fungsionalitas AAA, Virtual Server, Proxy, dll.
  • Modular, dukungan addon/plugin tambahan, dapat diimplementasikan pada embedded system.
  • Skalabilitas, untuk beban yang tinggi freeradius mensupport berdasarkan maksimum request dan maksimum server(cpu).


G.Referensi



Cukup sekian dari saya ada kurang dan salahnya saya mohon maaf.Terima Kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad