Perbedaan Yum,Yast,dan Sudo - Nandia_S | BLC TELKOM

私は良い人になりたい

Recent Posts

Post Top Ad

Jumat, 24 Februari 2017

Perbedaan Yum,Yast,dan Sudo

Assalamualaikum wr.wb


Hai..,Readers di sini saya akan memposting tentang perbedaan Yum,Yast dan Sudo.Apa itu Yum,Yast dan Sudo ?.mari kita simak bersama-sama.


A.Tujuan

  • Dapat mengetahui apa itu Yum,Yast dan Sudo ?
  • Dapat mengetahui kegunaan dari Yum,Yast dan Sudo 

B.Latar belakang

 Dalam megupdate suatu sistem komputer di terminal kita memerlukan suatu perintah pada komputer,karena sistem komputer ada banyak,ada kalanya kita mengetahui perintah sistem update pada masing-masing komputer.

C.Pengertian 

 1.Yum (Yellowdog Updater, Modified) adalah salah satu manajemen paket open-source berbasis konsol/perintah teks di lingkungan sistem operasi Linux yang menggunakan RPM Package Manager.

2.YaST (Yet another Setup Tool) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan instalasi dan konfigurasi pada distribusi linux openSUSE dan SUSE Linux Enterprise.

3.Sudo (Super User Do) adalah sebuah perintah dalam command-line Linux.Namanya adalah gabungan dari 'su' (pengguna pengganti) dan melakukan atau mengambil tindakan.



D.Kegunaan

1.Yum merupakan aplikasi berbasis konsol, sejumlah pihak sudah menyediakan perangkat berbasis grafik yang mendukung fungsionalitas yum.
Dengan yum, pengguna dapat dengan mudah melakukan pembaruan perangkat lunak, manajemen paket, dll pada Distribusi Linux berbasis RPM. Seperti Advanced Packaging Tool (APT) dari Debian, yum bekerja dengan perangkat repositori, yang dapat diakses secara lokal maupun lewat jaringan.

2. YaST menyediakan antarmuka berbasis grafis (GUI) dan semi grafis (ncurces). YaST mempunyai fitur untuk mengkonfigurasi banyak aspek pada sistem operasi, mulai dari instalasi perangkat lunak, menyetel perangkat keras, mengelola jaringan, mengatur layanan sistem serta keamanan sistem.


3.Pengguna sudo dan perintah-perintah yang dapat mereka pergunakan terdapat pada file konfigurasi, /etc/sudoers. Apabila seorang pengguna yang tidak berhak mencoba menjalankan perintah, sudo akan memberitahu administrator melalui e-mail. Secara default, pemberitahuan peringatan ini akan disimpoan di akun root.Pengguna yang mencoba menjalankan perintah akan diminta mengisikan password.

E.Perbedaan Yum,Yast dan Sudo


  • Yum = untuk jenis *.rpm (Redhat,CentOS,dsb) dan turunanya.
  • Yast = untuk OpenSUSE dan turunanya.
  • Sudo = untuk debian dan turunannya.

F.Kesimpulan

Dalam megupdate suatu sistem komputer kita tidak akan merasa bingung,dan mengerti perbedanan dan kegunaan dari Yum,Yast,Sudo.


G.Referensi



Cukup sekian dari saya ada kurang dan salahnya saya mohon maaf,Terima Kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad