Apa itu RADIUS..? - Nandia_S | BLC TELKOM

私は良い人になりたい

Recent Posts

Post Top Ad

Kamis, 23 Februari 2017

Apa itu RADIUS..?

Assalamualaikum wr.wb


Hai...,Readers di sini saya akan memposting tentang Radius,Apa sih itu Radius?....,Mari kita simak bersama-sama.




A.Tujuan

  • Dapat mengetahui apa itu Radius ?
  • Dapat mengetahui karakteristik Radius 
  • Dapat mengetahui cara kerja Radius

B.Pengertian

Remote Authentication Dial-In Pengguna Service (RADIUS) adalah jaringan protokol yang menyediakan otentikasi terpusat, Otorisasi, dan Akuntansi ( AAA atau Triple A) manajemen untuk pengguna yang terhubung dan menggunakan layanan jaringan. RADIUS dikembangkan oleh Livingston Enterprises, Inc pada tahun 1991 sebagai otentikasi akses server dan protokol akuntansi dan kemudian dibawa ke dalam Internet Engineering Task Force (IETF) standar.

Radius banyak dipakai oleh Provider dan ISP internet untuk authentikasi dan billingnya. Radius juga bisa dipakai oleh jaringan RT/RW-Net untuk authentikasi para penggunanya dan untuk mengamankan jaringan RT/RW-Net yang ada. Di indonesia sudah ada service radius, namun berbayar seperti indohotspot.net . Ada juga service yang tidak berbayar, dan dikelola oleh luar negeri seperti chillidog.org Selain lebih menghemat budget, dan juga menghemat biaya maintenance, sistem Radius yang di host di internet merupakan salah satu solusi murah untuk para penggagas sistem HotSpot.

C.Sejarah

 RADIUS awalnya ditentukan dalam RFI oleh Merit Jaringan pada tahun 1991 untuk mengontrol akses dial-in ke NSFnet . Livingston Enterprises menanggapi RFI dengan deskripsi server RADIUS. Merit Jaringan dianugerahi kontrak untuk Livingston Enterprises yang disampaikan seri portmaster mereka Network Server Access dan server RADIUS awal untuk Merit. RADIUS kemudian (1997) diterbitkan sebagai RFC 2058 dan RFC 2059 (versi saat ini adalah RFC 2865 dan RFC 2866 ).
Sekarang, beberapa komersial dan open-source server RADIUS ada. Fitur dapat bervariasi, namun sebagian besar dapat mencari pengguna dalam file teks, LDAP server, berbagai database, dll catatan akuntansi dapat ditulis ke file teks, berbagai database, diteruskan ke server eksternal, dll SNMP sering digunakan untuk pemantauan jarak jauh dan tetap-hidup pengecekan server RADIUS. RADIUS server proxy yang digunakan untuk administrasi terpusat dan dapat menulis ulang paket RADIUS pada terbang (untuk alasan keamanan, atau untuk mengkonversi antara penjual dialek).
Diameter protokol dimaksudkan sebagai pengganti RADIUS. Sementara keduanya Otentikasi, Otorisasi, dan Akuntansi (AAA) protokol, penggunaan-kasus untuk kedua protokol sejak menyimpang. Diameter sebagian besar digunakan dalam 3G ruang. RADIUS digunakan di tempat lain. Salah satu hambatan terbesar untuk memiliki Diameter menggantikan RADIUS adalah bahwa switch dan Access Points biasanya menerapkan RADIUS, tapi tidak Diameter.
Diameter menggunakan SCTP atau TCP sementara RADIUS biasanya menggunakan UDP sebagai transport layer . Pada 2012, RADIUS juga dapat menggunakan TCP sebagai transport layer dengan TLS untuk keamanan.

 
D.Karakteristik Radius

  • Berbasis UDP Protocol
  • Bisa ditempatkan dimana saja di internet dan dapat membuat autentikasi (PPP, PAP, CHAP, MS-CHAP, EAP) antara Network Access Server (NAS) dan server itu sendiri
  • RADIUS menggunakan Remote Access Server (RAS) Secure ID untuk membuat autentikasi yang kuat dalam pengontrolan akses

E.Cara kerja



  • Access Reject
    User ditolak aksesnya ke semua sumberdaya dalam jaringan. Bisa karena identifikasinya tidak tepat, atau nama aku yang salah/tidak aktif
  • Access Challange
    Permintaan informasi tambahan dari user, seperti password alternatif, PIN, token atau kartu.
  • Access Accept
    User diberikan akses masuk. Begitu User ter-autentifikasi, server RADIUS akan sering mengecek agar User hanya menggunakan sumberdaya sesuai dengan yang diminta. Misalnya User hanya boleh mengakses fasilitas hotspot, tetapi tidak dapat mengakses printer, Informasi tentang User dalam database bisa disimpan secara lokal dalam server RADIUS atau disimpan dalam tempat penyimpanan eksternal seperti LDAP atau Active Directiory
 

 G.Kesimpulan

Kita dapat lebih mengerti tentang radius,dan dalam mengkonfigurasi radius lebih paham.

F.Referensi


Cukup sekian dari saya ada kurang dan salahnya saya mohon maaf.Terima Kasih

Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

  1. Apa Itu Radius..? - Nandia_S >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Apa Itu Radius..? - Nandia_S >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Apa Itu Radius..? - Nandia_S >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Post Top Ad